Senin, 10 Februari 2014

Jaegi-chagi, Olahraga Tradisional Korsel


Olahraga jenis permainan yang satu ini memang cukup sering dimainkan oleh warga Korea karena memang cukup mudah dimainkannya. Jaegi-chagi sendiri adalah olahraga yang hanya memerlukan Jaegi, atau bola semacam shuttle cock yang ditendang.
Terbuat dari kertas tradisional Korea yang disebut Hanji yang didalamnya terdapat tumpukan beberapa koin tradisional atau yang juga disebut Yeopjeon yang kemudian dibungkus menyerupai sebuah shuttle cock dalam olahraga badminton.

Untuk memainkannya, ada beberapa cara dan aturan. Jika dilakukan dengan dua pemain, masing-masing pemain harus membuat Jaegi-nya bertahan paling lama dengan cara ditendang dan tidak jatuh ke tanah untuk bisa menjadi pemenang.
Atau jika dilakukan secara berkelompok dan lebih dari dua pemain, setiap pemain harus bekerja keras menendang Jaegi di dalam kelompok berbentuk lingkaran tanpa boleh jatuh ke tanah dan tertangkap oleh tangan pemain lain yang sedang kebagian 'jaga' di tengah lingkaran.
Untuk melestarikan olahraga permainan tradisional ini, pemerintah Korea bahkan sampai mendirikan Korea Jaegi-chagi Association yang mengurusi turnamen-turnamen dan peraturan serta tata cara lainnya.
Uniknya, Korea Jaegi-chagi Association sendiri berhasil memodifikasi beberapa olahraga permainan tersebut dengan membuat beberapa variasi seperti Jaegi volleyball dan Jaegi basket.
Tak cuma di Korea, olahraga sejenis Jaegi-chagi ini juga terdapat di beberapa negara Asia lainnya seperti di China, Vietnam dan Filipina. Di China, Jaegi-chagi disebut sebagai Jianxi yang juga memiliki beberapa karakteristik yang sama.
Untuk memperkenalkan olahraga tradisional tersebut ke seluruh dunia, tak jarang para idola K-Pop memainkannya kala mereka tampil di beberapa acara TV.


 http://lbsamovie.com/berita-jaegichagi-olahraga-tradisional-korea-selatan.html#ixzz2syE8zZ42

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates